Selasa, 23 Maret 2010

Usir "Bad Mood" Saat Hamil

KOMPAS.com — Kehamilan akan membuat banyak perubahan pada tubuh seorang wanita. Tak sedikit wanita yang menganggap bahwa masa kehamilan merupakan masa yang penuh stres. Padahal, setiap wejangan pasti akan mengatakan bahwa ibu hamil harus berpikiran positif dan menjaga kesehatan agar kehamilannya tetap terjaga sehat dan baik. Untuk itu, diperlukan rasa bahagia dan mood yang baik agar bisa tetap menjaga kesehatan kehamilan. Berikut beberapa tips untuk para ibu hamil agar tetap merasa lebih nyaman dan cantik sepanjang kehamilan.

1. Berolahraga secara rutin. Mungkin terdengarnya agak sulit untuk dilakukan, tetapi ingatlah bahwa berjalan kaki atau melakukan aktivitas olahraga selama kehamilan adalah hal yang penting untuk dilakukan guna menjaga kesehatan secara utuh selama menjalani 9 bulan kehamilan dan seusainya. Olahraga akan menstimulasi metabolisme, membangun otot, membakar lemak, dan mengeluarkan endorphin yang bisa membantu Anda merasa lebih bahagia dan berenergi. Olahraga ringan amat dianjurkan untuk dilakukan di setiap tahap kehamilan.

2. Mengonsumsi diet sehat dan seimbang. Makanan cepat saji akan membuat Anda merasa lelah dan tak bersemangat, tetapi mengonsumsi makanan sehat, beragam, dan penuh nutrisi bisa membuat Anda merasa lebih nyaman. Perbanyak asupan buah-buahan dan sayuran segar, protein, lemak sehat (seperti avokad dan minyak zaitun), biji-bijian, dan kacang-kacangan. Nutrisi dan energi dari makanan-makanan ini akan membuat Anda dan si jabang bayi lebih kuat dan sehat.

3. Memanjakan diri. Pergilah ke salon, minta perawatan pedikur, cuci-blow, atau hanya dengan bersantai di rumah sambil ditemani minuman dingin dan alunan musik akan bisa membantu Anda merasa lebih tenang. Dengan aktivitas menggunung, pastikan Anda menghabiskan sedikit waktu di setiap minggu untuk diri Anda sendiri. Relaksasi akan mengurangi tingkat ketegangan karena itu akan bisa membantu tubuh lebih tenang, sehat, dan kehamilan pun lebih bahagia.

4. Terimalah diri Anda apa adanya. Tubuh Anda sedang mengalami perubahan yang cukup drastis. Perut Anda membesar, begitu pula dengan payudara. Anda mungkin akan menyadari ada beberapa bagian tubuh Anda yang juga membesar. Nikmatilah! Ketahuilah bahwa tubuh Anda sedang menjaga seorang manusia lain dan merawatnya di dalam. Tubuh Anda yang berubah secara otomatis merupakan pertanda bahwa ia melakukan segalanya untuk menjaga si bayi tumbuh sempurna. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa tubuh berlekuk Anda ini seksi. Karena hal itu memang benar. Yang lebih penting lagi, kepercayaan diri yang tinggi, lebih seksi dari apa pun.

5. Minum banyak air putih. Kurangi minuman bersoda dan jus bergula. Asupan cairan saat kehamilan sebaiknya berupa air putih, susu rendah lemak, dan jus buah alami dalam jumlah secukupnya. Air putih mengeluarkan racun dan membantu pencernaan, membuat Anda merasa lebih berenergi dan sehat.

6. Kurangi asupan garam untuk mengurangi pembengkakkan. Kebanyakan wanita hamil akan mengalami pembengkakkan pada pergelangan kaki, telapak kaki, jari, hidung, bahkan wajah saat kehamilan. Tak heran, sebagian wanita merasa kekurangan kepercayaan diri saat menjalani kehamilan. Mengurangi asupan garam bisa secara drastis mengurangi pembengkakkan. Untuk langkah lainnya, perbanyak makanan yang mengandung potasium, seperti pisang, karena mineral ini membantu metabolisme cairan tubuh dan melawan efek sodium, yang bisa menyebabkan retensi air. Selain itu, potasium juga bisa membuat tekanan darah lebih stabil.

7. Jangan lupa vitamin prenatal.
Ini memastikan Anda membangun pertahanan yang diperlukan untuk membantu si jabang bayi tetap bertumbuh dan sehat. Vitamin akan mengusir rasa lelah dan rasa ingin mengemil karena tubuh Anda akan mengambil nutrisi yang disediakan vitamin-vitamin tersebut.

8. Kurangi asupan gula. Kehamilan bisa mengubah tubuh Anda dalam berbagai cara, termasuk dalam memproses gula. Terlalu banyak asupan gula bisa membuat Anda merasa pening, lelah, dan ingin makan gula lebih banyak. Hal ini tidak baik untuk pankreas Anda karena kebutuhan insulin Anda akan meningkat dan berlebihan. Menjaga gula darah Anda tetap sehat dengan memakan lebih banyak protein dan whole grain akan mencegah penurunan kadar gula darah secara drastis (kondisi ini bisa membuat Anda merasa gemetar dan merasa ingin pingsan).

9. Kurangi stres sebisa mungkin.
Jika situasi tertentu membuat Anda merasa ingin marah atau stres, kurangi sebisa mungkin. Jika topik tertentu selalu memercikkan argumen di antara Anda dan teman-teman atau keluarga, hindarilah sebisa mungkin. Ingat, tak perlu terlalu memusingkan apa opini orang lain saat ini, yang terpenting saat ini adalah Anda dan si bayi tetap sehat. Hindari situasi yang tak menyenangkan dan beritahukan kepada teman-teman serta keluarga mengapa Anda melakukan ini agar mereka bisa memahami alasannya.

10. Ingin bercinta? Lakukan. Keinginan untuk bercinta bisa jadi lebih besar saat Anda hamil, jangan hiraukan, tapi rengkuhlah perasaan itu. Lakukan hubungan intim dengan suami ketika Anda memang siap dan menginginkannya. Jika dilakukan dengan hati-hati, seks tak akan menyakiti si bayi yang berada di dalam perut Anda, juga tak akan memicu kelahiran, kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar